Posted on

5 Kondisi yang Membuat Bibir Tiba-tiba Terasa Gatal

Rasa gatal yang tiba-tiba muncul di bibir agak membingungkan dan tidak nyaman. Penting untuk mengetahui penyebab pasti untuk dapat melakukan fase selanjutnya dari perawatan yang paling tepat. Untuk mengetahui apa saja penyebab bibir gatal, berikut ulasannya.

Penyebab gatalnya bibir

Cheilitis kontak alergi
Cheilitis kontak alergi adalah suatu kondisi dermatitis kontak alergi yang terjadi pada bibir. Biasanya ditandai dengan rasa gatal dan radang pada bibir karena terpapar alergen.

Lipstik, tabir surya, pasta gigi, obat kumur dan obat-obatan biasanya menjadi penyebab reaksi alergi ini. Selain itu, bahkan makanan yang mengandung bahan pengawet, parfum, dan rasa buatan sering menjadi penyebabnya.

Biasanya kondisi ini membuat bibir bengkak dan memiliki bercak kulit bersisik. Dalam hal ini, konsultasikan dengan dokter segera sehingga ia dapat dirawat dengan perawatan yang tepat.

Bibir kering
Bibir kering yang pecah-pecah kadang membuat permukaan terasa gatal. Ada beberapa hal yang membuat bibir kering akibat kurang minum, tidak adanya kelenjar berminyak di bibir, akibat efek cuaca yang terlalu panas.

Anda tidak perlu khawatir, jika penyebab gatalnya adalah karena kekeringan yang cukup parah, Anda hanya perlu merehidasinya. Minumlah air yang cukup, gunakan lip balm dan jangan membasahi bibir Anda dengan air liur.

Cheilitis traumatis
Peradangan bibir ini biasanya disebabkan oleh rangsangan berlebihan pada kulit sensitif bibir. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak dan remaja cenderung lebih sering mengalami kondisi ini. Kebiasaan menjilati dan menggigit bibir inilah yang umumnya menyebabkan chelitis traumatis. Akibatnya, bibir bengkak dan gatal.

Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan medis jika Anda menghentikan kebiasaan itu. Namun, ketika bibir mulai teriritasi, kondisi ini akan sulit menghilang dengan sendirinya. Untuk ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

infeksi
Bibir mungkin terasa gatal ketika beberapa bakteri, virus dan jamur masuk dan menginfeksi. Virus herpes simpleks, kelebihan Candida albicans dan bakteri streptococcus dan staphylococcus adalah organisme yang sering menghasilkan bibir gatal.

Cara menangani infeksi biasanya bervariasi berdasarkan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Namun, jika penyebabnya adalah virus atau antijamur, dokter akan meresepkan obat antivirus dan antijamur yang tepat. Setelah gejala infeksi mereda, rasa gatal perlahan hilang dengan sendirinya.

Cheilitis yang disebabkan oleh waktu
Seperti namanya, kondisi ini biasanya disebabkan oleh paparan panas yang ekstrem, angin atau dingin di bibir untuk waktu yang lama. Kondisi ini biasanya menyerang orang-orang yang hidup di iklim dengan suhu ekstrem atau yang bekerja di luar ruangan setiap hari. Selain gatal, kondisi ini biasanya disertai bibir pecah-pecah dan berdarah.

Kapan pergi ke dokter?

Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter segera jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut, seperti:

  • Ruam yang muncul tiba-tiba dan menyebar dari bibir ke seluruh wajah.
  • Pendarahan yang tak terhentikan di bibir.
  • Bibir membengkak sangat cepat.
  • Sulit bernafas

Juga, jika bibir Anda terus gatal bahkan lebih tak tertahankan, segera konsultasikan ke dokter. Jangan lupa untuk memberi tahu dokter Anda tentang obat-obatan, kosmetik, atau makanan yang baru saja Anda konsumsi untuk melihat tautannya

Baca juga :