Posted on

6 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma

Sperma adalah sel reproduksi pria yang diproduksi testis dan bertujuan membuahi sel telur wanita. Inilah mengapa pria terkadang merasa terbebani dengan jumlah sperma yang rendah. Hitungan sperma adalah salah satu faktor penting dalam perencanaan kehamilan. Karena itu, penting agar setiap orang, terutama pria, tahu cara meningkatkan jumlah sperma secara alami dan faktor-faktor apa yang menyebabkan jumlah sperma rendah.

Menurut dr. Ray Sahelian, M.D., jumlah sperma normal terdiri dari 20 juta atau lebih spermatozoa per satu mililiter sperma. Setidaknya 60% spermatozoa harus memiliki bentuk normal dan menunjukkan motilitas normal.

Faktor-faktor yang menyebabkan jumlah sperma rendah

Berikut ini adalah berbagai faktor yang menyebabkan jumlah sperma rendah pada pria untuk dihindari:

  • merokok
  • Terpapar panas berlebihan di skrotum
  • menekankan
  • Kurangnya ejakulasi semen
  • keturunan
  • kegemukan
  • Mereka memiliki beberapa penyakit menular seksual (PMS)
  • Beberapa obat dan beberapa antibiotik yang dapat menyerang sperma
  • Masalah hormonal
  • Diet yang tidak seimbang

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan jumlah sperma

Makanlah makanan merah

Pada bulan Mei 2014, Klinik Cleveland Ohio menerbitkan laporan yang mencakup analisis dari 12 studi yang dilakukan oleh kelompok studi di seluruh dunia. Laporan tersebut menemukan bahwa konsumsi likopen dapat sangat meningkatkan kualitas, mobilitas dan volume sperma hingga 70%. Likopen adalah nutrisi penting yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti tomat, stroberi, ceri, dan paprika merah.

Selalu terhidrasi

Air sangat penting untuk metabolisme optimal sel hidup. Setiap manusia membutuhkan sekitar 4 liter cairan setiap hari untuk menghindari dehidrasi dalam tubuh dan meningkatkan jumlah sperma.

Paling tidak, minum 2 liter minuman sehat seperti air, yogurt dan jus buah dapat meningkatkan jumlah sperma. Ketika cuaca lebih hangat dari biasanya, Anda perlu minum lebih banyak dari itu.

olahraga

Pria yang berolahraga cukup memiliki motilitas yang lebih baik daripada pria yang kurang atau terlalu aktif secara fisik. Duduk untuk waktu yang lama, seperti menonton TV, akan mengurangi jumlah sperma.

Kurangi makanan berbahan dasar kedelai

Konsumsi berlebihan makanan berbasis kedelai akan mengurangi jumlah sperma pria, karena makanan berbasis kedelai mengandung fitoestrogen (hormon pada tanaman yang mirip dengan estrogen manusia). Jorge Chavarro dari Harvard School of Public Health di Boston, menemukan bahwa pria yang makan banyak makanan berbasis kedelai memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berbasis kedelai.

Hindari terlalu panas testis

Panas berlebihan di testis dapat menyebabkan jumlah sperma rendah. Karena itu, wajib bagi pria untuk menghindari mandi air panas, spa, dan sauna, terutama jika mereka mencoba untuk memiliki anak.

Untuk mengganti pakaian dalam sintetis dan ketat itu perlu menggunakan kapas dan serat alami. Studi ini juga mengungkapkan bahwa pria yang tidur di atas genangan air empat kali lebih mungkin untuk memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada mereka yang tidur di kasur tradisional.

Minum suplemen yang meningkatkan sperma

seng

Seng adalah mineral yang telah terbukti meningkatkan jumlah sperma dan memiliki efek positif pada motilitas sperma dan morfologi sperma.

Sumber makanan yang kaya akan seng adalah daging sapi, bayam, asparagus, jamur, domba, biji wijen, biji labu, buncis, kacang mede, kalkun, kacang hijau, tomat, yogurt, tahu, brokoli, rumput laut dan lain-lain.

selenium

Selenium diperlukan untuk produksi sperma. Nutrisi selenium yang baik penting untuk antioksidan dan alasan kesehatan lainnya.

Sumber makanan yang kaya selenium adalah tuna, udang, sarden, salmon, cod, jamur, asparagus, kalkun, daging sapi, domba, beras merah, telur, dan lainnya.

Koenzim Q10

Ini adalah antioksidan penting yang diproduksi dalam tubuh manusia. Co Q10 dapat membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, melindungi DNA dan diperlukan untuk fungsi seluler dasar. Q10 sangat penting untuk kesehatan sperma. Namun, level Co Q10 akan menurun seiring bertambahnya usia, jadi penting bagi pria untuk meningkatkan Co Q10.

Sumber makanan yang mengandung Co Q10 adalah brokoli, kacang-kacangan, ikan, kerang, babi, ayam, dan sapi.

Baca Juga :