Posted on

Bayi Baru Lahir Susah Tidur? Yuk, Ketahui Penyebabnya

Bayi Baru Lahir Susah Tidur? Yuk, Ketahui Penyebabnya

Biasanya, bayi menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Namun, terkadang bayi yang baru lahir juga dapat menderita insomnia. Penyebabnya banyak. Ada yang normal, ada juga yang tidak normal dan harus menyadarinya.

Bayi baru lahir membutuhkan rata-rata 14-19 jam tidur per hari. Namun, beberapa bayi yang baru lahir mungkin mengalami insomnia di pagi dan malam hari.

Ini Penyebab Bayi Baru Lahir Susah Tidur

Bayi Baru Lahir Susah Tidur? Yuk, Ketahui Penyebabnya
Bayi Baru Lahir Susah Tidur? Yuk, Ketahui Penyebabnya

Memiliki anak yang tidak bisa tidur jelas dapat membuat orang tua kewalahan, terutama jika itu terjadi di malam hari. Jika Anda tetap terjaga sepanjang malam untuk merawat si kecil Anda, ibu dan ayah dapat tidur pada hari berikutnya.

Mengapa anak Anda mengalami gangguan tidur dan ibu dan ayah harus khawatir? Berikut adalah beberapa opsi untuk bayi baru lahir dengan gangguan tidur:

  • Saya tidak bisa membedakan siang dan malam
    Ketika beberapa orang dewasa beristirahat di malam hari, seorang anak balita bisa menjadi sebaliknya. Ini karena bayi tidak bisa membedakan antara siang dan malam, sehingga jam tidurnya pun belum teratur.

Mungkin saja anak-anak tidur lebih banyak di pagi, siang dan sore hari, kemudian bangun di malam hari dan sebaliknya. Ini normal untuk semua bayi. Jadi ibu dan ayah harus bersabar dulu, oke? Keluarkan si kecil dari rumah setiap pagi sehingga ia terbiasa dengan cahaya.

  • Kamarnya terlalu dingin dan terlalu panas
    Beberapa bayi sangat sensitif terhadap suhu. Mereka mungkin sulit tidur karena merasa kedinginan atau terlalu panas. Jika ibu melengkapi kamar tidur bayi Anda dengan AC, atur suhunya antara 23 dan 26 ° C. Jika Anda menggunakan kipas angin, pastikan angin tidak langsung mengarah ke Little One. Usahakan juga memberikan ventilasi sehingga sirkulasi udara di ruangan kecil itu bagus.
  • Merasa lapar atau sesak
    Bayi biasanya terbiasa bangun menyusui setiap beberapa jam. Bayi yang disusui biasanya perlu disusui setiap 2-3 jam, sedangkan bayi yang diberi susu bubuk perlu menyusui sekitar 3-4 jam. Untuk pertumbuhan optimal si kecil, sang ibu harus bangun untuk memberinya makan.

Sedikit tidak hanya lapar, tetapi juga bisa sulit tidur karena merasa terlalu kenyang. Setelah bayi Anda penuh, biasanya tidak mudah untuk kembali tidur dan bermain dengan ibu Anda, bahkan jika itu masih pagi.

  • Masalah kesehatan
    Bayi baru lahir mungkin juga mengalami kesulitan tidur karena kesehatannya yang tidak sehat. Nah, itu sebabnya Anda harus waspada. Selain insomnia, anak-anak biasanya lebih banyak menuntut dan menunjukkan gejala lain seperti demam.

Masalah kesehatan yang sering membuat bayi sulit tidur adalah flu, hidung tersumbat, sembelit, gas, dan alergi.

Pola tidur bayi yang tidak teratur teratur sering menyebabkan orang tua tetap terjaga. Jika putra Anda sulit tidur, ibu dan ayah harus bersabar, ya. Masa-masa ini akan benar-benar berlalu. Anak itu secara bertahap belajar menyesuaikan waktu tidurnya dengan waktu ibu dan ayahnya.

Ciptakan suasana yang menyenangkan dan kondisi ruangan untuk memudahkan bayi Anda tidur dan tidur nyenyak di malam hari. Jika ia masih kesulitan tidur, pilih-pilih, sering menangis, atau menunjukkan gejala lain, Anda harus segera membawanya ke dokter.

Baca Juga :