Posted on

Jadwal Waktu Sholat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada lima jenis doa wajib bagi umat Islam. Doa ini harus diadakan selama satu hari dan satu malam. Dari pagi hingga sore. Sumber : berdoa.co.id

Waktu shalat wajib adalah:

Waktu shalat Subuh adalah di pagi hari sekitar 04:00 - 05:00
Waktu sholat Dhuhur adalah pukul 12: 00-13: 00
Waktu sholat ASR adalah pada sore hari antara jam 3:00 dan 16:00
Waktu shalat Maghrib adalah sekitar 6: 00-18: 30
Waktu sholat Isya adalah malam sekitar pukul 19.00 - 20.00

5 doa ini tidak boleh ditinggalkan tanpa alasan yang sangat penting. Bahkan ketika sakit tetapi masih bisa bergerak, doa tidak boleh hilang. Bahkan doa tidak bisa diganti. Setiap Muslim memiliki kewajiban untuk berdoa dan harus melakukannya sendiri.

Islam adalah agama yang sangat sederhana. Shalat wajib adalah wajib tetapi masih ada kemudahan di sana. Setiap gerakan doa memiliki aturannya sendiri.

Jika Anda tidak tahan, Anda bisa berdoa sambil duduk. Jika Anda tidak bisa duduk, berbaring, itu masih diperbolehkan.

Sekalipun Anda tidak dapat bergerak sama sekali karena suatu penyakit, Anda dapat membaca doa itu dengan tenang. Ketika Anda melakukan perjalanan jauh, doa dapat ditanam atau inqashar. Banyak relief diberikan oleh Tuhan sesuai dengan kondisi Anda.

Jadwal Waktu Sholat

Untuk melakukan shalat tepat waktu, seorang Muslim harus tahu setiap saat untuk melakukan sholat perona pipi ini. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci tentang program doa wajib.

  1. Doa Pagi

Doa Subuh adalah doa pembuka untuk memulai hari. Doa ini setara dengan dua rakaat. Beberapa Muslim di Indonesia melakukan sholat subuh dengan tambahan bacaan Qunut. Ini didasarkan pada Sekolah Imam Shamita yang menggunakan Qunut dalam rakaat kedua.

Namun, tidak sedikit Muslim yang tidak menggunakan bacaan Qunut. Ini adalah keputusan dan pilihan setiap Muslim.

Selama mereka mengikuti sekolah salah satu dari empat imam dan tidak menentang ajaran Islam, bagaimanapun, prosedur dan implementasi doa masih diperbolehkan.

Doa Subuh dimulai pada pagi hari ketika matahari belum terbit. Tandanya adalah semakin gelapnya cahaya bintang-bintang karena kemunculan matahari di ufuk timur. Doa subuh harus dimulai pada akhir malam ketiga.

Waktu untuk sholat pagi ini adalah dari jam 4: 00-5: 00. Anda bisa mulai dengan melakukan 2 rakaat sebelum fajar.

Doa Subuh adalah salah satu dari dua doa wajib utama. Doa ini hanya punya sedikit waktu. Karena ketika matahari terlihat di cakrawala timur, waktu sholat subuh telah berakhir.

Dilarang berdoa ketika matahari terbit. Dipahami bahwa tidak dianggap menyembah matahari. Karena itu, jangan pernah menunda shalat Subuh jika tidak ingin menunda.

Baca juga: Keutamaan doa pagi
  1. Doa Dhuhur

Sholat dhuhur juga disebut sholat tengah hari karena dilakukan pada siang hari. Doa dzikir terdiri dari 4 rakaat dalam 1 salam.

Doa kedua dalam doa satu hari ini bisa dimulai ketika matahari mulai menyelinap. Ini berarti bahwa matahari mulai miring ke barat setelah mencapai puncaknya. Batas waktu untuk melaksanakan sholat Dzuhur adalah pada sore hari.

Di Indonesia, pekerja umumnya melakukan sholat Dhuhur di siang hari atau bersama dengan istirahat siang hari. Namun, sebagai seorang Muslim yang baik, Anda masih perlu tahu kapan harus memasuki doa Dhuhur dengan cermat.

Mengingat pola pergerakan bumi pada porosnya, tengah hari tergantung pada posisi matahari. Waktu sholat terkadang jatuh pada 11, tetapi tidak jarang itu juga dimulai pada 12 lebih. Untuk perincian lebih lanjut, Anda dapat menggunakan aplikasi jam dan program doa.

  1. Sholat Ashar

Sholat Ashar adalah sholat ketiga dalam sehari yang terdiri dari 4 rakaat. Doa ini dilakukan pada sore sebelum matahari terbenam. Doa dilakukan ketika panjang bayangan suatu benda sama dengan tinggi benda itu.

Singkatnya, doa ASR yang normal dimulai sekitar pukul 3:00 malam. sampai matahari terbenam. Lebih disukai, Sholat Ashar segera dilakukan sebelum matahari mulai menguning.

Shalat Ashar adalah doa yang paling penting dalam sehari. Doa ini bisa dikatakan sebagai tonggak penting.

Mengapa doa ASR disebut yang paling penting?

Karena banyak umat Islam mengabaikannya karena aktivitas duniawi. Akhir dari pelaksanaan sholat Ashar adalah murka Allah. Disarankan agar doa dilakukan segera ketika saatnya tiba.