Posted on

Kelenjar Prostat : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian, Penyebab, Pencegahan Dan Cara Mengobatinya

Kelenjar Prostat

Memahami Prostat – Pada kesempatan ini, administrator ingin mendiskusikan pengertian prostat. Mungkin ada teman yang sudah mengerti atau mengerti pengertian prostat.

Tetapi tidak dapat disangkal bahwa masih ada mereka yang tidak benar-benar memahami pengertian prostat atau bahkan tidak sama sekali.

Bagi Anda yang masih bingung tentang memahami prostat, Anda bisa perhatikana beberapa penjelasan yang sudah contohsoal.co.id uraikan tentang prostat di bawah ini.

Pengertian Kelenjar Prostat

Kelenjar Prostat
Kelenjar Prostat

Prostat adalah organ yang memproduksi dan menyimpan jenis cairan yang membentuk sebagian besar air mani. Prostat adalah kelenjar eksokrin seukuran kacang kenari yang berada di antara kandung kemih dan penis, menghadap dubur.

Cairan yang dilepaskan dari zat memberikan nutrisi dan melindungi sperma. Selama ejakulasi, prostat menghasilkan cairan ini melalui uretra bersama dengan cairan mani yang membentuk cairan mani.

Fungsi Kelenjar Prostat

Prostat memiliki beberapa fitur, termasuk yang berikut ini

  • Fungsi utama prostat adalah untuk menghilangkan 30-35% / sepertiga cairan dari biji. Cairan ini digunakan untuk nutrisi dan perlindungan terhadap sperma untuk bertahan hidup di lingkungan vagina.
  • Prostat mengandung jaringan otot polos sehingga sperma dapat dipompa melalui penis dengan kekuatan yang cukup untuk memasuki vagina dan membuahi sel telur.
  • Prostat yang mengelilingi uretra dapat bertindak sebagai katup yang mencegah urin keluar kecuali jika buang air kecil distimulasi.
  • Sistem saraf prostat mendukung proses ereksi penis.

Struktur Kelenjar Prostat

Bentuk prostat seperti segitiga terbalik, yang panjangnya sekitar 4 cm, lebar 3 cm, dan 2,5 cm, serta berat sekitar 20 gram. Prostat adalah kelenjar fibromuskular “dicampur dengan serat otot polos dan kolegial dan elastis” yang dibungkus oleh kapsul prostat “jaringan fibrosa yang mengandung pembuluh darah dan saraf” dan prostat vagina “jaringan fibrosa”.

Sebagian besar prostat terdiri dari 30-50 komponen kelenjar kecil tubular glandular atau tubular alveolar. Dinding lapisan prostat adalah dinding mukosa, submukosa dan lapisan padang rumput yang dibentuk oleh kelenjar utama yang membentuk kelenjar prostat.

Jaringan epitel yang melapisi prostat biasanya dalam bentuk Columnar Simplex atau Columnar Pseudostratificatum. Di beberapa bagian ditutupi dengan epitel skuamosa atau epitel berbentuk kubus. Prostat menerima kekuatan nutrisi dan oksidatif dari prostat. Persarafan berasal dari pleksus prostat “mungkin dalam bentuk rangsangan simpatis atau parasimpatis” ….

Bagian Bagian Kelenjar Prostat

Prostat dapat dibagi menjadi 5 lobus

  • Lobus anterior / isthmus (anterior), terletak di depan uretra dan tidak memiliki jaringan kelenjar.
  • Medius flap (di tengah) terletak di antara uretra dan saluran ejakulasi dan kaya akan jaringan kelenjar.
  • Lobus posterior (posterior) adalah lobus yang terletak di belakang uretra dan di bawah kanal ejakulasi. Bagian ini juga kaya akan jaringan kelenjar.
  • Lobus lateral kanan, kanan uretra, dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan posterior prostat, kantung jaringan kelenjar di lobus itu.
  • Lobus uretra kiri Kiri uretra, yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan posterior prostat, lobus ini juga mengandung banyak jaringan kelenjar.

Tergantung pada daerahnya, prostat dapat dibagi menjadi daerah yang berbeda, yaitu:

  • Zona perifer (zona lateral) membentuk 70% dari jaringan kelenjar proksimal dan menutupi bagian posterior dan lateral kelenjar. Zona perifer adalah area yang sangat sensitif terhadap infeksi atau peradangan.
  • Zona transisi (area sentral) menyumbang 5-10% dari prostat.
  • Area pusat (area sentral) menyumbang 25% dari jaringan prostat. Area sentral terdiri dari lapisan mukosa dan submukosa.
  • Daerah selain komponen kelenjar, khususnya area fibromuskuler stroma (serat otot polos yang dicampur dengan serat kolagen dan elastin) terletak di depan kelenjar prostat.

Penyebab Penyakit Prostat

Penyakit prostat pada pria dipicu oleh beberapa faktor, terkadang bahkan tidak diketahui dan dikenali oleh pria. Berikut ini beberapa penyebab penyakit prostat pada pria:

Pembesaran prostat jinak

Banyak penyebab penyakit prostat di mana pria bisa merasakan sakit. Salah satunya adalah pembesaran kelenjar prostat yang jinak. Pembesaran prostat jinak adalah suatu kondisi untuk pertumbuhan berlebih prostat.

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi penyebab gangguan ini, yaitu bertambahnya usia dan fungsi sel Leydig di testis sebagai hormon utama yang memproduksi androgen, testosteron.

Perubahan testosteron menjadi dehydrostestosteron “DHT” dalam sel prostat merupakan faktor yang memicu masuknya DHT ke dalam inti sel prostat, yang dapat mengakibatkan produksi protein yang menyebabkan proliferasi sel prostat.

Gejala yang sering terjadi pada penderita prostat adalah aliran urin yang lemah, urgensi urin yang tidak seragam, buang air kecil sementara, ketika dalam kontak dekat, sering buang air kecil, urgensi, frekuensi kemih nokturnal lebih dari dua kali.

Peradangan pada prostat

Peradangan prostat adalah kelainan prostat yang perlu diingat. Risiko penyakit prostat bisa berakibat fatal dan menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan bagi pasien.

Peradangan pada prostat atau apa yang disebut prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan prostat mengembang dan membengkak ketika terasa sangat menyakitkan.

Perdagangan prostat lebih sering terjadi pada pria yang berulang kali mengalami radang saluran kemih. Bakteri yang menyebabkan peradangan termasuk Escherichia coli, bakteri Klebsiella, Enterobacteria, Pseudomonas, Streptococcus dan Staphylococcus.

Gejala-gejala yang biasa terjadi ketika terkena radang prostat adalah nyeri saat ejakulasi, ketika ada hubungan seks, ada darah dalam sperma dan fungsi seksual berkurang.

Peradangan prostat adalah penyakit yang dapat menyebabkan putusnya kehidupan seks pasangan menikah jika mereka tidak segera diobati.

Kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker yang menyerang prostat, menyebabkan sel-sel tumbuh abnormal dan keluar dari kendali. Kanker prostat dibagi menjadi dua kelompok utama: karsinoma, yang masih terbatas pada “karsinoma awal” organ prostat dan telah menyebar ke luar prostat ke dalam organ di sekitarnya dan metastasis “difus” melalui “karsinoma lanjut”. .

Kanker prostat jarang menyerang pria di bawah usia 45 tahun, kecuali ada satu di keluarga Anda. Penyakit ini biasanya dapat disembuhkan jika ditemukan pada tahap awal. Masalah umum adalah bahwa tumor ini dalam prostat sering tumbuh secara diam-diam tanpa gejala sampai menyebar ke tulang dan jaringan di sekitarnya.

Untuk alasan ini, sangat penting bagi pria berusia 50 tahun untuk menjalani digital rectal uki yang memungkinkan dokter menemukan gumpalan atau pembesaran pada prostat dan antigen spesifik prostat dari prostat jika ada tumor.

Baca Juga :