Posted on

Manfaat Kedelai untuk Mengendalikan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal Anda, kedelai dapat menjadi salah satu landasan makanan. Selain lezat, makanan super ini mudah ditemukan karena sering digunakan sebagai bahan dasar untuk makanan lain, seperti tempe dan tahu, susu kedelai atau bahkan makanan ringan kedelai. Tapi tahukah Anda bahwa salah satu manfaat kedelai bisa mengendalikan berat badan? Ayo, simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana kedelai dapat mengontrol berat badan

Kedelai sangat populer, terutama di Indonesia, dan sering direkomendasikan sebagai menu makanan pengontrol berat badan. Baik untuk mencapai berat tubuh tertentu dan mempertahankan berat badan yang sehat. Mengapa?

Kedelai kaya serat dan protein dan mengandung lemak baik untuk kesehatan (lemak tak jenuh). Ketika Anda mencoba mengatur ulang berat badan Anda untuk membuatnya lebih ideal, kedelai yang mengandung protein dan serat tinggi adalah kunci untuk mengendalikan asupan kalori Anda.

Berat badan ideal menunjukkan bahwa asupan kalori telah terkontrol. Namun, kondisi kelebihan berat badan mengharuskan Anda membatasi atau bahkan mengurangi asupan kalori. Inilah sebabnya kedelai sangat bermanfaat dalam pengendalian berat badan.

Kandungan protein dalam kedelai bervariasi tergantung pada jenis kedelai dan bagaimana kedelai diproses. Namun, kedelai secara substansial memiliki persentase protein yang tinggi. Menurut data Indonesia tentang komposisi makanan, 100 g kedelai mengandung 40,4 g protein; sedangkan telur yang juga merupakan sumber protein, dalam 100 g mengandung 12,4 g protein.

Protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna, dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Jadi semakin tinggi protein dalam makanan, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Selain itu, protein kedelai membuat Anda lebih kenyang.

Kedelai bisa mengisi perut dan mencegah rasa lapar

Selain protein, serat kedelai juga memiliki manfaat yang sama, yang mencegah Anda lapar. Serat kedelai mengisi perut dan membantu mengontrol kadar gula darah untuk mencegah gangguan gula darah yang memicu rasa lapar.

Jika Anda ingin mempertahankan berat badan ideal Anda, nutrisi kedelai umum dapat mengurangi asupan kalori dengan menunda rasa lapar. Makan makanan berbasis kedelai di antara waktu makan dapat membantu mengurangi porsi besar makanan tanpa rasa lapar yang berlebihan.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari kedelai adalah jumlah mineral yang penting bagi tubuh, seperti kalsium, kalium, zat besi, asam folat, dan vitamin C. Selain itu, ada isoflavon yang merupakan antioksidan dan paling umum ditemukan dalam kedelai. Isoflavon dan protein dalam kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Jangan hanya mengandalkan kedelai untuk mempertahankan berat badan

Agar beratnya dapat dikendalikan, perlu juga dipertimbangkan asupan kalori total, yaitu mengurangi makanan berkalori tinggi seperti makanan yang digoreng atau makanan dengan kadar gula tinggi. Sebagai alternatif yang lebih sehat, Anda dapat memilih kedelai dan diproses dengan cara yang lebih baik tetapi tetap lezat, seperti dengan melompat, membuat kue, merebus, dll. Jika Anda ingin pilihan lain, Anda juga dapat memilih snack bar berbasis kedelai.

Jadi, mari mulai mengonsumsi kedelai untuk mengendalikan berat badan Anda !!

Baca juga :